Senin, 25 Maret 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA2 # TENTANG PERENCANAAN PEMASARAN


Banyak cara dan model dalam menyusun rencana pemasaran karena tidak ada standar yang baku, baik dalam bentuk maupun isinya. Paling tidak pada bagian ini Anda dapat mengetahui secara umum hal-hal apa saja yang biasanya diperhatikan dalam menyusun rencana pemasaran.

Rencana pemasaran harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun tersebut, dapat menuntun pengusaha agar tetap mengarahkan usahanya pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Selain itu, dapat membantu mengembangkan, memperbaiki, dan menciptakan ide-ide baru dalam bidang pemasaran, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Rencana pemasaran dapat disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
Gambaran usaha yang sedang atau akan Anda jalankan mencakup:

a.   Bidang yang dijalankan termasuk dalam industri apa?

b.   Barang atau jasa apa yang ditawarkan?

c.   Manfaat apa yang diperoleh dari barang atau jasa yang ditawarkan?

d.   Siapa sasaran pembeli yang hendak dituju? Mulai dari usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, gaya hidup, status sosial, dan lain sebagainya.
Memosisikan produk, yaitu menentukan posisi produk di pasar seperti apa yang dapat menunjukkan perbedaan dibandingkan produk pesaing, karena itu harus memiliki keunikan sebagai pembeda (sellingpoint), sekaligus menentukan posisi produk Anda berada di mana sebagaimana pemimpin pasar atau justru pengikut pasar.
Menetapkan visi dan misi yang harus dibuat sesederhana mungkin, sehingga memberikan kesan mendalam dan selalu diingat konsumen. Misi yang dibuat tersebut dapat pula dijadikan moto perusahaan. Buatlah kalimat yang singkat dan mudah dipahami serta menjanjikan sesuatu. Ingat bahwa moto dapat diganti, ditambahkan, atau dikurangi kata-katanya apabila sudah tidak sesuai lagi dengan apa yang diharapkan.
Menentukan jangka waktu pemasaran dan tujuan pemasaran, bila perlu tulislah tujuan tersebut dengan baik dan pasang di mana orang mudah untuk melihatnya.
Melakukan analisis SWOT, yaitu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan memberikan jalan keluar pada setiap kelemahan dan ancaman yang dimiliki.
Memilih strategi yang tepat disesuaikan dengan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan sebelumnya, dan berikan alasan yang kuat mengapa strategi tersebut yang dipilih.
Menetapkan alat pemasaran, mulai dari menentukan sifat fisik produk termasuk strategi bauran produk, syarat-syarat penentuan lokasi, metode distribusi yang digunakan, taktik penentuan harga yang digunakan, metode dan alat promosi yang ‘  digunakan, hingga teknik apa saja yang dilakukan dalam melakukan penjualan.
Membuat bagan rencana pelaksanaan pemasaran yang mencakup jenis kegiatan, waktu pelaksanaan, penanggung jawab, tempat pelaksanaan, tujuan yang akan dicapai, dan biaya yang diperlukan untuk melaksanakan rencana tersebut.

SUMBER : http://angga.blog.esaunggul.ac.id/2012/12/21/menyusun-rencana-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar