Senin, 03 Desember 2012

BAB.IV PEMBAHASAN


BAB.IV. PEMBAHASAN
4.1. Analisis  Promosi (Promotion)Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Flexi dalam
meningkatkan jumlah pelanggannya yaitu :1. PeriklananIklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada
informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun
sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan
mengubah pikiran sesorang untuk melakukan pembelian.5051Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Dinas Flexi Kandatel
Makassar dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya adalah dengan
melalui berbagai media, baik media cetak seperti surat kabar, atau media
elektronik seperti radio maupun media luar ruang seperti baliho, billboard
ataupun spanduk.
Pada media media cetak, media elektronik maupun media luar ruang,
perusahaan membuat iklan dengan kata-kata yang menarik dan mudah
dimengerti sehingga dapat mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk selalu
mempergunakan telepon flexi dalam melakukan komunikasi dengan keluarga
maupun dengan relasinya. Sebagai contoh iklan untuk pemakaian telepon flexi
digunakan kata-kata sebagai berikut :“Nyamanna pake Flexi  dapat mobile dengan pulsa rumah“ artinya bahwa
dengan menggunakan Telkom Flexi kita dapat melakukan percakapan
walaupun kita sedang mobile dengan biaya pulsa sama dengan biaya pulsa
telepon rumah  (fixed phone). Dengan melakukan periklanan diberbagai media
tersebut, diharapkan dapat mendorong peningkatan penjualan telepon flexi.52Adapun media cetak yang digunakan dapat dilihat pada tabel 1 dibawah iniMedia Surat Kabar Yang MengiklankanProduk Telepon Flexi Kandatel MakassarPeriode : Tahun 2011
NamaMedia CetakAlamatFrekuensiIklanHarian FajarJl. Recing Centre No. 101MakassarSetiap hari Kamis     Tribun TimurJl. Cendrawasih No. 430Makassar
   1 kali dalam 2 minggu  Sumber : Dinas Flexi Kandatel Makassarpenggunaan kedua media cetak pada tabel tersebut di atas, semata  – mata
mempertimbangkan faktor banyaknya jumlah pembaca dan luas wilayah
pendistribusiannya, sedangkan perbedaan frekuensi iklan pada kedua media
cetak tersebut didasarkan pada tingkat jumlah pembacanya, dengan
demikian perusahaan dapat berharap bahwa semakin banyak jumlah
pembaca suatu media cetak, maka akan semakin banyak pula masyarakat
yang mengenal telepn flexi yang dipasarkannya, yang pada  akhirnya
perusahaan dapat pula mengharapkan akan semakin banyak masyarakat
yang akan menggunakan produk tersebut. 532. SponsorshipKegiatan  sponsorship yang dilaksanakan oleh Dinas Flexi Kandatel
Makassar  bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat
luas melalui berbagai ajang kegiatan seperti olah raga, musik, seminar dan lainlain             dengan demikian masyarakat luas akan lebih banyak lagi mengenal
berbagai produk  dari flexi. Adapun  daftar-daftar event sponsorship tahun 2008
terlampir di lampiran.
3. Personal SellingAktivitas promosi personal selling yang dilakukan oleh dinas flexi Kandatel
Makassar adalah dengan memberikan tugas kepada karyawan yang berwenang.
Untuk mendatangi kantor-kantor dan rumah-rumah konsumen dan menawarkan
produk telepon flexi.
Karyawan yang ditugaskan untuk melakukan  personal selling  harus
memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut :1. SalesmashipKaryawan harus memiliki pengetahuan produk dan menguasai seni
menjual, seperti cara mendekati pelanggan, memberikan presentasi dan
demonstrasi, mengatasi penolakan pelanggan, dan dapat mendorong
pembelian.2. NegotiatingKaryawan harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi tentang
syarat-syarat penjualan.543. Relationship marketingKaryawan harus tahu cara membina dan memelihara hubungan baik
dengan para pelanggan.Tujuan perusahaan dalam melakukan  promosi  personal selling ini
adalah, dengan memberikan penjelasan yang baik kepada konsumen
diharapkan mereka akan tertarik untuk membeli maupun untuk
menggunakan produk telepon flexi.Strategi yang diterapkan dalam melaksanakan personal selling adalah
sebagai berikut :a. Untuk wilayah perumahanStrategi yang digunakan untuk wilayah perumahan terutama dimana
jaringan telepon tidak ada lagi yang  kosong, adalah mememberikan solusi
kepada masyarakat di tempat tersebut untuk menggunakan flexi home
yaitu telepon rumah yang menggunakan kartu flexi, baik yang pasca bayar
maupun yang prabayarb. Untuk perkantoran dan bisnisStrategi yang digunakan untuk perkantoran dan bisnis adalah dengan
menawarkan beberapa keunggulan produk dari telepon flexi. Misalnya
dapat digunakan untuk akses ke internet dengan kemampuan untuk
melakukan browser sangat cepat walaupun sedang melakukan perjalanan
di dalam kota dengan biaya yang murah.554.  Pameran   Kegiatan pameran sangat diperlukan untuk lebih banyak memberikan
informasi kepada masyarakat luas tentang produk flexi, untuk dinas flexi tidak
pernah ketinggalan untuk terlibat langsung pada kegiatan-kegiatan pameran
yang dilaksanakan di kota ini. Pada kegiatan pameran dinas flexi senantiasa
melakukan penjualan telepon flexi baik untuk nomor perdana maupun
dipaketkan dengan penjualan terminal (handset). Adapun daftar-daftar pameran
terlampir di lampiran.Promosi pemasaran akan sukses dan berjalan dengan baik apabila ditunjang
dengan biaya yang memadai, demikian pula dengan berbagai promosi
pemasaran yang telah dilaksanakan oleh Dinas Flexi Kandatel Makassar.4.2.   Analisis Harga (Price)Harga bagi satu produk sangat menentukan keberhasilan pemasaran, jika
harga rendah dibarengi dengan tingginya kualitas maka konsumen akan lebih
tertarik untuk menggunakan produk yang bersangkutan. Harga Telkom Flexi
relative lebih murah yaitu Rp 49/ menit dengan tarif sama dengan telepon rumah
jika dibandingkan dengan produk lain yang sudah ada dalam kategori mobile
phone,dalam hal ini bila dibandingkan dengan produk selluler, karena Telkom
Flexi ditetapkan harga sama telepon rumah sehingga konsumen dapat lebih ringan
dalam mengeluarkan biaya pemakaiannya dibanding dengan produk lain.564.3. Analisis Perkembangan Biaya PromosiSalah satu faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih media
promosi adalah anggaran promosi atau besar kecilnya dana yang tersedia untuk
kegiatan promosi selama satu periode waktu tertentu.Semakin terbatasnya anggaran yang disediakan akan mengakibatkan
semakin sempit pula ruang gerak perusahaan dalam kesempatannya memilih
media promosi. Sebaliknya, tersedianya anggaran biaya yang memadai akan
semakin leluasa perusahaan untuk memilih media atau promosi yang dianggap
paling menguntungkan. PT.Telkom Indonesia telah menyediakan anggaran
khusus untuk membiayai kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan, yang
merupakan bahan pertimbangan merek dalam memilih media promosi yang
mereka gunakan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar